Hosting Unlimited Indonesia

Upgrade Dengkul dengan Joging

Dengkul [ frasa  yang mewakili stamina seorang biker, artinya ketahanan nafas, degup jantung, otot paha, sendi dengkul, dan juga otot betis], terutama dengkul Saya kayaknya memang perlu di upgrade. Heehehhe, percuma juga crank di upgrade ke hollowtech kalo ternyata dengkulnya loyo. Memang salah duanya adalah faktor U dan kebiasaan di waktu-waktu lalu yang jarang olahraga menjadi stamina tak setangguh yang lain.


Paling kelihatan di trek tanjakan yang cepet banget kehabisan nafas, seperti tanjakan di akhir-akhir rute Curug Cigamea yang mengharuskan TTB karena stamina kedodoran. Dibandingkan dengan yang umur 2-3 tahun di atas saya, Om Nana masih kuat melewati tanjakan itu. Kuncinya memang kondisi dengkul yang lebih baik.

Dari om Iwan, om Iwan ini yang salah satu jagoan tanjakan di rute Curug Cigamea kemarin saat gobar SGB + PRB, Saya dapat beberapa tips untuk melibas tanjakan :
  • saat melibas tanjakan terjal harus mengatur nafas dengan baik, ambil nafas sepanjang sekitar 4 kali gowes baru lepas. Hindari nafas yang terlalu cepat yang pada akhirnya akan membuat nafas cepat habis
  • melatih fisik dengan cara joging adalah cara yang cocok dan efektif untuk melatih otot paha, sendi lutut, otot betis, otot bahu, lengan, kekuatan paru-paru dan jantung. 
Saya mencobanya kemarin, ternyata om .. joging itu jauh lebih cepat menguras stamina, bila gowes saya sanggup 30 - 40 km tanpa jeda, ternyata untuk jogging 6 km aja perlu dijeda beberapa kali jalan kaki untuk mengambil nafas, huff ..

Yuk lah ! mulai joging.. jika dalam seminggu 3 kali gowes perlu diganti jadwalnya menjadi 1x joging 2x gowes !




2 komentar:

  1. Setuju om...

    Saya pernah nyoba jogging, cuman 5 km-an... saya paksain lari terus meski pelan dan sukses....
    Alhasil, besoknya ketika bike2work, kaki terasa ringan waktu mengayuh... begitu pula ketika melibas tanjakan, terasa lebih bertenaga....

    Masalahnya, berat banget utk mengajak badan ini Jogging lagi... Si Sepeda selalu menggoda.... heheheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dpt tips dr teman yang sebelum goes dia itu joging, keren yg lain mah ttb di cigamea dia asyik aja tuh digoes .. hehehe
      diseling aja om .. kl saya biasanya 3x seminggu goes .. 1x nya saya ganti joging .. tp baru mulai sih.. coba kita liat hasilnya.. ya kira2 sebulan lah kl rutin harusnya kliatan perubahannya.. fyi umur saya udah ga muda udah mendekati 40thn.. telat sebenarnya memulai aktifitas olahraga ..dr dulu ga dibiasain ..

      Delete

Hosting Unlimited Indonesia