Hosting Unlimited Indonesia

Mbolang Trek JPG - Bekasi

Trek JPG - Bekasi  atau trek jalur pipa gas membentang mulai dari Setu sampai dengan Kota Wisata sepanjang sekitar 18 km. Merupakan areal pertanahan yang dibiarkan kosong tanpa bangunan diatasnya dengan lebar sekitar 5 meter. Di bawahnya tertanam pipa gas milik PT PGN [Perusahaan Gas Negara].

Sudah lama Saya mendengar tentang trek JPG dan ingin mencobanya, kali ini dapet kesempatan gowes Bersama Om Wewe TMB. Setelah sarapan Geco [Tauge Tauco] Perjalanan ini dari titik awal janjian di Danau Cibeurem - Grandwisata. Sekitar jam 9 pagi, Kami mulai mbolang mencari Trek JPG.

Menyusuri trek padang ilalang di kawasan Danau Cibeurem, melintasi jalan beton di desa Lubang Buaya, terus ke Desa Cijengkol. Kami menemukan start awal dari jalan raya Cijengkol berupa portal atau patok besi bercat kuning sebagai tanda Jaringan Pipa Gas.
patok kuning yang Saya pegang itu sepertinya adalah tanda kilometer. kalo memang iya berarti saya ada di km 86 dari arah timur, mungkin km 0 nya berada di sekitar Cikampek atau Subang.

Trek JPG didominasi oleh jalur single trek tanah yang dibatasi oleh rumput. Jalurnya yang sempit, berkelok di beberapa titik, dan lubang karena tanah turun yang mendadak sangat cocok untuk melatih handling sepeda, melatih kekuatan nafas, dan dengkul. Sayang, sepi aja perjalanan sepanjang Trek JPG. Terhitung hanya 3 kali bertemu goweser itu aja dalam jumlah kecil dan arah berlawanan. Yang searah, tidak ada. Sayang sekali ya, seharusnya Trek JPG ini bisa menjadi alternatif di luar trek yang udah mapan seperti Bondol atau Trek JJ.

Cerita mbolang berangkat untuk trek ini berakhir di Gerbang Kota Wisata yang berada di jalan raya Siliwangi [Bantargebang - Cileungsi]. Cyclo di posisi ini ada di kilometer 18, Kami memutuskan untuk cukup dulu sampai di situ. Sebetulnya, jika diikuti masih terus berlanjut jalurnya melintas di samping jalan utama Kota Wisata, hmmm.. mungkin saja kalo trek JPG ini bersambung atau merupakan rangkaian trek JPG yang di Tangerang itu.
portal ata patok besi kuning itu sebagai penanda trek JPG, dari sini Kami mulai mbolang masuk terk JPG

km 86, ke arah timur berarti nih trek JPG menuju titik 0 nya
Dari km 18, kami memutuskan untuk balik kanan kembali ke Bekasi. Panas yang terik cukup membuat tubuh cepat dehidrasi. Sewaktu di patok jl.  Cijengkol di sekitar perumahan Griya Mustika Media - Setu Kami melihat ke arah berlawanan Trek JPG ini masih berlanjut. Kami ingin mencoba sampai mana, dan ternyata memang masih terus menyambung ini trek JPG ke arah timur. Perjalanan pulang di akhiri di sekitar gerbang perumahan Vila Mutiara Setu, karena jalurnya sudah hilang. Sudah tidak ada lagi tapak ban di rerumputan yang menandai jalur itu sudah jarang atau bahkan tidak pernah ada lagi yang melintas, ckckckck.. sayang ya ..!

Di gerbang perumahan Vila Mutiara Setu, Kami sein kiri dan kembali ke jalur arah Danau Cibeurem. Tapi sial, di sekitar ilalang Danau Cibeurem ban belakang si Police - orlando, sepeda yang saya pakai, bocor tertusuk ranting pohon. Untung bawa cadangan ban dalam, dengan tangan kosong saja ternyata si Om Wewe TMB bisa mengganti ban dalam.. oo gitu ya ! Ilmu baru !
atraksi om Dwi .. bongkar pasang ban dengan tangan kosong
Oke, Sekitar jam 1 siang Kami menuntaskan misi Mbolang Trek JPG - Bekasi dengan finish lagi di Danau Cibeurem tempat kami Start tadi pagi. Terima kasih Om Wewe TMB yang sudah menemani blusukan kali ini dan mengganti band dalam Saya.
balik kanan di gerbang Kota Wisata

duo putih tunggangan mbolang Trek JPG

‪#‎gowes4health‬





Pompa Portable United

Pompa Mini  united 

Rp 45.000,-

  • Portable dan praktis bisa dipasang di sepeda nempel sama tempat botol minum. 
  • Bisa pentil besar atau kecil
  • Bahan plastik kuat untuk keadaan darurat
  • Pompa ini udah saya uji coba dipakai secara pribadi dan hasilnya .. memuaskan !

Review :

http://gowesforhealth.blogspot.com/2015/07/pompa-darurat-united.html


Cara beli :

  • Harga belum termasuk ongkir
  • Pembelian hanya dengan cara online, transfer sesuai harga + ongkir ke Rekening.
  • Rekening BCA No. rek : 57-80-53-26-71 an : Ria Apriani
  • Konfirmasi pemesanan/kirim bukti transfer ke WA : 0812-84-347-190
  • Barang segera dikirim setelah proses transfer selesai



Permasalahan Telat Pindah Gear dan Trouble Shootingnya

Ini merupakan lanjutan dari seri tulisan mengenai si Police 911 - Orlando yang dapat seken. Memang, dapat barang seken itu musti sabar merawat. Meskipun si XMT sepeda murahan tapi karena baru kali ya jadi belum ada masalah. Beda dengan si Police 911 -Orlando yang mungkin karena terlalu lama dianggurin sama pemilik lama jadi beberapa komponen macet.

Saat kasus putus rantai, disebabkan oleh gear yang respon pindahnya telat. Permasalahan telat pindah gear ini juga masih saya rasakan ketika si Police 911 - Orlando di bawa ke trek JJ. Makanya saat tanjakan beberapa kali TTB karena takut putus rantai terulang .. halah halesan .. wkwkwkwkwkwk.

outer shifter
outer shifter meteran
Nah... baru kemarin permasalahan telat pindah gear ini terpecahkan. Kemarin sore si Police 911 - Orlando Saya bawa ke Bengkel Nusantara Makmur, di pegang sama mekanik yang top banget ilmunya .. om Anto. Ternyata permasalahnnya ada di Shifter Outer. Kelihatan sepele, tapi penting ini. Saat ditanjakan, jika gear pindah telat atau terlalu lama proses pindah ke gear berikutnya akibatnya fatal. Rantai putus ! 

Penjelasannya begini, saat jempol kita menarik tuas shifter itu akan menarik atau mengendorkan kabel shifter yang menggerakan RD mengarahkan rantai naik atau turun gear. Fungsi outer shifter adalah sebagai selongsong agar pergerakan kabel shifter lancar. Jika outer shifter sudah berkarat justru akan menghambat kabel shifter sehingga gerakannya tidak lancar. Gaya yang ditransfer ke RD akan terhambat, RD tidak penuh  menggerakan rantai, sehingga rantai akan tanggung memposisikan rantai bisa terjadi slip posisi rantai ke gear. Ini yg berbahaya dan membuat rantai bisa putus.

Terima kasih sudah menyimak .



Sepeda TandIne

Jika Anda orang bekasi atau pernah ikut Car Free Day [CFD] yang rutin diadakan setiap hari minggu di bilangan pemda Kota Bekasi, mungkin Anda pernah melihat sepeda unik ini. Sebuah sepeda Tandem tapi beroda tiga. Nah loh ..!
sepeda tandem tandine .. rodanya 3, kalo tandem pabrikan biasanya rodanya tetap dua ..

Hmm .. jadi ngebayangin, gowes santai bareng orang yang kita cintai bisa istri atau anak. Ikutan CFD atau fun bike yang digowes adalah sepeda tandem, pasti tambah mesra, tambah kompak dah .. hehehe..!

Tapi dijamin Anda hanya bisa melihatnya di sekitaran Bekasi, Jatiasih atau arena CFD Bekasi yang diadakan di Jl. A. Yani sampai Summarecon. Ya betul, Sepeda Tandine ini adalah sepeda rakitan atau home made alias DiY. Adalah Om Achmad Priyadi yang membuatnya. Merupakan dua sepeda utuh yang disatukan, yang dihilangkan hanya komponen ban depan dari sepeda yang di belakang.


Tandine kepanjangan dari TANdem IndoNEsia, di klaim oleh pembuatnya sebagai yang pertama dibuat dengan konsep sepeda tandem tapi beroda tiga. Hmm.. keren ya, so pasti, yang buat Tandine seorang insinyur ternyata, oalah pantesan aja .. !


Kelebihan sepeda TANDINE, berdasarkan test drive pribadi :


1. Lebih ringan 


  • Diperlukan tenaga yang lebih ringan untuk mengayuhnya, karena masing-masing dapat mangayuh secara bebas, sistim transmisi terpisah. Sedangkan di sepeda tandem biasa sistim transmisi menyatu sehingga tidak bisa merubah gear sesuai keinginan masing-masing.
  • Apabila salah satu pengendara tidak mengayuh baik yang didepan ataupun yang dibelakang, tidak akan memberatkan salah satunya. 
  • Untuk membawa penumpang / membonceng, juga terasa lebih ringan. Karena beban di bagi ke ketiga roda, sedangkan di sepeda tandem biasa maupun di sepeda roda dua biasa terasa lebih berat karena beban di bagi hanya di dua roda.

2. Lebih rileks


  • salah satu pengendaranya dapat beristirahat apabila lelah atau mengayuh bergantian. 
  • Sistim transmisi di sepeda TANDINE adalah rantai terpisah, sedangkan di sepeda tandem biasa sistim transmisi rantainya menyatu. Jadi apabila salah satu pengendaranya tidak mengayuh/pura-pura mengayuh, maka beban kaki yang tidak mengayuh akan memberatkan kepada yang mengayuh.

3. Mudah bongkar-pasang

  • apabila ingin dikembalikan ke sepeda biasa (roda dua) sangat mudah. Karena cukup hanya melepas gandengan dan garpunya untuk dipasangkan ke roda aslinya.  

4. Lebih Kuat

  • dari sepeda tandem roda 2, Karena frame/batangan terpisah

5. Lebih ekonomis

  • tidak perlu lagi membeli sepeda tandem apabila sudah  mempunyai 2 (dua) buah sepeda roda dua biasa

6. Ramah Lingkungan, Ecofriendly, atau go green

  • tidak perlu membuang sepeda lama anda (re-use/re-cycle), atau membeli sepeda tandem baru

7. Unik

  • menjadi pusat perhatian karena belum ada yang punya.

Kendala :


  • Sejauh ini tidak / belum di temukan kendala yang berarti, hanya diperlukan sedikit adaptasi bagi yang sudah bisa mengendarai sepeda roda dua biasa.
Kayaknya ngebayangin aja susah ya dapat feelnya .. simak nih video sepeda Tandine


Oke, udah dikupas tuntas mengenai sepeda Tandine, oya.. om Achmad Priyadi menerima pesanan loh jika Anda tertarik ingin memiliki sepeda Tandine. Silahkan kontak langsung ke Beliau. Ini Kontak personnya ..

Achmad Priyadi

Handphone (Call only) : (062-021) 99083421 &  08881497113.

Alamat rumah & Email : 
Griya Asri Jatibening  no : 1,  Rt/w : 02/04, Jalan SDn Jatikramat VI, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jaiasih,  Bekasi 17412.


Terima kasih untuk om Epi yang sudah mengizinkan Saya untuk membuat ulasan tentang sepeda Tandine di blog ini ..

ditulis ulang dari : http://tandemindonesia.blogspot.com/


DiY : Membuat Kompor untuk Bike Camping

Sebagai salah satu persiapan mengikuti Bike Camping di Curug cigeuntis 16-17 Agustus 2015 yang diadakan oleh Goweser Karawang. Salah satu yang wajib ada adalah kompor. Bikin sendiri yuk ..

Yang dibuat ini adalah kompor dengan bahan bakar spirtus, menurut Saya lebih praktis dari pada berbahan bakar gas. Disamping lebih mudah mendapatkan bahan bakarnya juga gampang dibuat. Bahannya hanya perlu sebuah kaleng bekas minuman.


Kelebihan kompor berbahan bakar spirtus :

  • spirtusnya lebih mudah didapatkan, di pasar atau toko material biasanya ada dijual
  • mudah dibuat kompornya
  • harga spirtus lebih murah dari pada gas
  • praktis dan mudah penggunaannya


test masak air ...

Kita memerlukan alat -alat :

  • gunting
  • cutter
  • kertas hvs
  • pulpen
  • penggaris
  • spirtus

Bahan kompor :

  • Kaleng bekas minuman
  • pake riped 4 buah
  • kaleng bekas cat
Kaleng bekas cat ini dipakai sebagai wind shielder, mengingat nanti kompor ini kan dipakai di tempat terbuka. Memerlukan pelindung untuk menjaga api tetap stabil dari tiupan angin.

Paku ripet diperlukan untuk meninggikan posisi panci agar ada ruang yang cukup antara kompor dan panci, agar sirkulasi udara yang cukup diperlukan untuk sebuah proses memasak.

Langkah-langkah pembuatan :


1. Kaleng bekas minuman bersoda dipotong menjadi 3 bagian menggunakan cutter dengan bantuan buku tebal. Bagian pertama sebagai body utama kompor, potongan kedua sebagai sumbu, dan potongan ketiga sebagai tutup atas yang berguna juga untuk menyebarkan api agar merata pembakarannya.
body kompor sekaligus untuk tempat spirtus

potongan kedua yang nanti kita bikin untuk sumbu kompor
potongan ketiga sebagai tutup atas dan meratakan sebaran api
2. Ini proses yang agak rumit, memerlukan ketelitian agar hasilnya presisi. Membuat bagian tengah kompor dari potongan kedua yang fungsinya sebagai sumbu.
diperlukan bantuan garis-garis agar nantinya bagian kaleng yang dilipat lurus, garis bantu ini bisa dibuat dari kertas hvs dengan masing-masing jarak antar garis 1 cm

untuk membuat lipatan pakai penggaris besi mengikuti arah garis yang telah kita buat tadi

kira-kira hasilnya seperti ilustrasi diatas, perlu dipotong-potong sekitar 1 cm untuk melipat di dasar kaleng

Hasilnya setngah jadi, nantinya jika udah tercapai panas yang ideal spirtus naik lewat lipatan itu
tutupnya terbuat dari potongan ketiga yang dilubangi tengahnya, sesuaikan jarak antara tutup dan  body kompor sekitar 2 mm agar nyala api menyebar bagus


Hasil jadi dan siap uji coba, lengkap dengan kaki untuk panci dan windshield 

Kekurangan Kompor ini :


  • Susah dimatikan, antisipasinya adalah dengan menuangkan spirtus sebagai bahan bakar secukupnya.
  • Nyala api, sebaran api tergantung dari proses melipat kaleng potongan yang kedua yang berfungsi sebagai sumbu. Makin presisi makin bagus nyala apinya.
Jadi ga sabar nih nunggu momen bike camping, 17 Agustus nanti .. I'm Coming ...!!!



Prioritas

Skala prioritas :
  1. Kerja
  2. Keluarga
  3. Sepeda

Seperti diingatkan oleh kawan yang pernah berbicara atau menuliskan status seperti judul artikel ini. Bahwa hidup harus bermanajemen dan berskala prioritas. Saat memilih Sepeda [gowes] sebagai aktifitas hobi bagaimanapun senangnya tetaplah harus diurutan ketiga. Masih ada yang lebih penting dari ini, yaitu kerja dan keluarga.


Kalaupun terjadi bentrok waktu, misal sabtu besok sudah janji gobarpun tetap harus mengalah jika secara mendadak ada urusan kerjaan atau keluarga yang lebih penting dan harus didahulukan. Bagaimanapun Bersepeda atau gowes merupakan aktifitas tambahan yang penting tapi tidak ada urgensinya, tidak membuat masalah besar jikapun harus ditunda.


Memilih Komunitas


Ini juga penting, tetap harus berprinsip "memandang ke bawah". Sepeda tanpa komunitas itu kurang motivasi, Gowes itu lebih asyik jika barengan dengan komunitas sepeda. Tapi, harus pandai-pandai mengatur diri untuk memilih komunitas yang tepat. Salah satu pertimbangan adalah dari sisi hmmm... ekonomi atau duit. 

Mencari teman komunitas yang selevel dalam hal tipe dan harga sepeda membuat tidak mudah iri yang bisa mengakibatkan minder atau malah membabi buta terutama dalam hal upgrade tetek-bengek urusan sepeda. Jangan sampai gara-gara urusan sepeda fullsus terus uang dapur terpakai, haduh .. parah itu. Sepeda sebagai sebuah hobi, mengikuti hukum seperti hukum-hukum hobi yang lainnya. Tidak ada kata puas untuk hobi. Kalaupun dituruti upgrade sepeda bisa lebih mahal dari harga sebuah mobil seken atau LCGC.

Pertimbangan yang lain adalah selalu ingat "tujuan gowes". Mungkin sebagian besar setuju bahwa tujuan utama gowes adalah untuk olahraga. Jadi, tidak usahlah terlalu dineko-neko sepedanya. Kecuali jika Anda mempunyai duit lebih setelah kebutuhan yang lebih pokok terpenuhi. 

Sebetulnya gowes itu murah meriah kok, misal nih .. Saya buktikan gowes PP Cigamea - Bekasi yang jaraknya sekitar 180 km itu untuk biaya akomodasi kisaran 100 rb. Itu sebenarnya masih harus dikurangi kebutuhan pokok untuk 3x makan, toh gowes ataupun tidak kitapun tetap makan 3 kali.

So .. buat Saya Gowes itu untuk fun bukan untuk gengsi ... Setuju ?
Baca juga artikel ini untuk mengerem hobi bersepeda yg udah neko-neko : http://gowesforhealth.blogspot.com/2015/07/mencari-jati-diri.html


Kuliner Khas Goweser

Kayaknya asyik nih .. misalnya blog ini ditambahin segmen baru mengenai kuliner. Bertambah satu lagi genre menunya, dari bike2graphy, bike2work, bike2camp, dan yang paling baru bike2kuliner. Dibuka dengan posting mengenai kebiasaaan para goweser setiap mampir di basecamp dan yang disediakan warung di basecamp yang rata-rata menyediakan menu ini.

Dari beberapa basecamp gowes yang pernah di kunjungi, misal : Pitstop JJ, Situ Cibeurem, atau Warung Bondol/Nawit beberapa kulinernya khas dan jarang bisa dijumpai di tempat lain. Kita buka dengan SUHE atau Susu Jahe dan Ketan Kelapa parut.

SUHE

suhe - image diambil dari google

Merupakan kuliner berjenis minuman terbuat dari bahan :
  • susu kental manis 
  • gula merah
  • jahe
Gula merah dan jahenya dirajang halus, kemudian diseduh dengan air panas dihidangkan dalam kondisi panas. Dengan rasa manis dari gula merah ditambah pedas jahe seakan cepat menggantikan energi yang terkuras setelah gowes. Ini sangat khas, cara membuatnya hanya bisa ditemui di warung-warung basecamp goweser.

Ketan Kelapa


Untuk menemani Suhe, cocok sekali disantap dengan ketan kelapa. Terbuat dari bahan ketan putih yang dikukus seperti memasak nasi dan ditambahi taburan kelapa setengah tuh yang diparut. Disajikan dalam kondisi hangat-hangat dan bagi yang suka pedas bisa diberi topping sambel kacang, top .. maknyus !

Hampir semua warung basecamp para goweser bisa dipastikan mempunyai kedua menu di atas sebagai menu favorit. Lain kali kita akan bahas goreng ikan air tawar yang hanya ada di Warung Bondol atau tape uli di trek kranggan. Untuk yang terakhir sayang sekali kehabisan, ketika saya kesana terkahir kali. Saking terkenalnya kuliner tape uli ini sampai-sampai jalurnya di kenal Trek Tape Uli.





Momen-momen Seru di Trek JJ

Trek sepeda Jalur Jatiasih atau biasa disingkat trek JJ merupakan trek offroad terbaik di daerah Bekasi, tapi entah sampai kapan jalur ini bisa eksis. Rumornya udah diakuisisi oleh Kota Wisata. Masih punya kesempatan mencoba full trek JJ - Tape Uli Sabtu 25 Juli 2015, bersama SGB, PRB, dan MAG. Untuk ulasan trek JJ bisa dilihat di sini.
salah satu momen di Turunan Grand Canyon [GC]
Seru-seruan bareng di acara gobar memang seru tiada duanya .. berikut momen-momen seru yang berhasil diabadikan di Gobar itu.

TTB [Tuntun Bike]


Biasanya sih terjadi di tanjakan karena kehabisan power di dengkul, atau terlambat over shifter, atau bisa juga ngga jaga jarak. Kalau di turunan masalah nyali aja, kemarin di turunan Grand Canyon [GC] mungkin karena melihat banyak yang "nyungsep" jadi ciut, TTB dah ..



Tanjakan dan turunan keren di Trek JJ [yang kalo bisa hindari aja .. hahahahha ..!] :
  • Tanjakan Ngehe
  • Tanjakan bambu
  • Tanjakan/turunan Jidat
  • Turunan GrandCanyon

Nyungsep di Turunan GC [GrandCanyon]

Tapi, ada yang lebih seru... NYUNGSEP .. trek turunan GrandCanyon merupakan turunan curam yang sudah banyak makan korban goweser nyungsep.


Banyak loh goweser yang Nyungsep di Turunan GC, di samping karena memang turunan curam juga karena ada parit air di tengah turunan kalo buang kiri pasti nyungsep tapi relatif masih aman karena tertahan tebing dan rumput ilalang yang tebal. Kalo ambil jalur kanan dari parit air itu kemungkinan untuk bisa lulus sampai bawah lebih besar tapi, resikonya kalau sampai terjatuh lebih sakit karena langsung terjun ke jurang. Posisi jatuh menyeramkan ada yang sampai koprol atau salto kalau jatuh sebelah kanan parit. Apalagi kalau posisi jatuhnya ga pas.. bisa cedera. Nampaknya kemarin juga ada jatuh korban yang tergeser lengan kiri sampai ga bisa digerakin tangannya.

Tapi okelah, seru abis .. penasaran di turunan GC .. belum lulus, kapan-kapan pengin coba lagi. sampe lulus !





Funbike : HUT PDAM Tirta Patriot ke-9 Kota Bekasi

Meneruskan undangan dari PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, merupakan rangkaian acara HUT PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi yang ke-9. Salah satunya mengadakan acara Funbike.


  • Acara              : Funbike  HUT PDAM Tirta Patriot ke-9 Kota Bekasi
  • Jadwal             : 9 Agustus 2015 pkl. 06.00
  • Tiket               : Rp 25.000,- [dapat Kaos dan Snack]
  • Pendaftaran     : CS PDAM Tirta Patriot : 021-88966161, CP 08985719666 [Andika]
  • Lokasi             :  kantor PDAM Tirta Patriot 
                              jln. Perjuangan no. 99
     kel. Margamulya kec. Bekasi utara kota bekasi

Doorprize


Yuks yang sempat atau yang dekat .. ramaikan ..!!!

Hosting Unlimited Indonesia