Hosting Unlimited Indonesia

Gowes Memperbaiki Mood

Ketika mood sedang jelek, ga bergairah ngapa-ngapain juga. Mau nulis artikel buntu ide, mau ngerjain apapun ogah-ogahan. 

Pemicu bad mood salah satunya adalah kejadian minggu ini, kerja dalam 1 team, harus menunggu team yg lain selesai baru bisa kerja. Kerjaan yang harusnya selesai dalam 1 hari molor lebih dari seminggu.



Obatnya itu gowes, keluarin sepeda muter-muter sekitaran rumah dalam radius dibawah 10 km. Sekalian mampir ke bengkel sepeda,  Kebetulan sepeda Saya butuh standart.

Standartnya kemarin patah waktu bike kemping di Cibodas. Iseng nyari standart tengah model dua kaki, pas dipasang, .. woke ! Si wildcat jadi tambah cantik.

Sepulangnya, perasaan lebih fresh ... mood membaik dan siap untutk aktifitas berikutnya, dan siap nulis artikel lagi untuk pembaca blog Saya ini. 


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "

Modifikasi Senter Police Input Power dari PowerBank

Hehehe .. ternyata masih bermasalah dengan senter police ya. Batereinya, kemarin sudah diganti dengan baterei bekas laptop tapi mendadak mati. Huff!

Baterei yang asli dan beli cadangannya pun sudah tidak seterang awalnya, redup ! Iseng-iseng dapet ide untuk modifikasi powerbank sebagai sumber energi senter police.

Apalagi tim Cuter sedang doyan NR ke Curug, senter jadi sangat penting. Seperti minggu ini di tgl. 7 dan 8 November NR ke Curug Nangka.

Oke, mulai yuk.. kita bikin powerbank sebagai input power senter police. Yang Kita  butuhkan adalah :
  • sebuah powerbank
  • sebuah kabel USB
  • kabel asli charger senter police
  • solasi listrik atau solasi bakar
Powerbank pasti punya dong di rumah, kan katanya kebutuhan pokok itu makan, pakaian, dan powerbank, haghaghag !


kabel USB, siap dimodifikasi

Ready ?, yang kita butuhkan adalah sebuah kabel yang kepalanya USB diujung satu (yang nantinya dicolok ke powerbank)  dan jack senter di ujung lainnya. Kita akan buat dari 2 buah kabel yaitu kabel USB dan kabel charger senter police. Udah jelas ya ..?

mulai ... Potong kabel USB dan kabel asli Charger senter police. Kabel USB seperti di gambar 1 di atas akan kita ambil merah dan hitam, merah + (positif) dan hitam - (negatif).

Selanjutnya, kabel USB kupas hitam dan merah... kupas juga kabel charger merah dan hitam/biru. Aturannya (jangan sampai salah) merah ketemu merah kita pilin.

Hitam dililitkan dengan hitam/biru, kemudian rapikan dan bungkus dengan solasi listrik atau solasi bakar. Untuk panjang kabel, terserah dah, sekitar 1 meter cukup.

Selesai ..

Cara pakai :


  • Sekarang lupakan nge-charge senter police, yang perlu dicharge adalah powerbanknya.
  • tapi kalo batereinya masih berfungsi, Anda bisa charge juga baterei senter policenya, dengan charger powerbank. Dan powerbank bisa dijadikan backup jika baterei senter habis.
gbr.2, sekarang baterei senter bisa diganti dengan powerbank


nge-charge baterei senter dengan charger powerbank

  • yang perlu dipersiapkan disepeda adalah, tempat menaruh powerbank yang aman. Tas model yang tergantung di handlebar pilihan cocok.

Test yuk !


Sekarang tidak perlu khawatir ML ditengah jalan, .. mati lampu maksudnya. Powerbank mempunyai kapasitas besar, bisa berhari-hari dipakai.

test senter dengan tenaga dari powerbank

Anda mempunyai opsi mencabut baterei aslinya atau baterei tetap berada disenter. Iseng aja kreatif, gimana kalo serius ya... hehehehe!


" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! "



Cespleng Buat Sendi Ngilu dan Kram

Sorry ya, Saya bukan tukang obat keliling yang suka jualan minyak buaya, minyak cicak atau minyak biawak ... ini hanya ulasan mengenai kegiatan gowes yang kadang bikin bete kalo nyeri sendinya timbul tenggelam.

Kalo Saya biasanya nyeri ini akan timbul ketika mulai masuk trek nanjak. Trek nanjak membutuhkan tenaga dan tekanan ke pedal yang lebih kuat atau putaran yang lebih cepat jika memakai gear kecil.


Nyerinya berpindah kayak odong-odong yang keliling, kadang di dengkul kiri kadang kanan. Terakhir di gobar Bike Camping Cibodas, Saya diperkenalkan dengan obat cina yang seperti penampakan di foto artikel ini.

Nama obatnya Zheng Gu Shui, kalo menurut wikipedia ramuan Zheng Gu Shui sudah ada sejak 500 tahun yang lalu. Digunakan untuk mengobati patah tulang dan nyeri sendi. Ini literaturnya : https://en.wikipedia.org/wiki/Zheng_Gu_Shui

Tapi sumpeh, .. bener loh pemirsa. Ketika sudah mulai mendaki di tanjakan-tanjakan gadog - Puncak nyeri-nyeri itu mulai timbul. Oleh om Daniak Saya disemprot cairan ini dan cespleng langsung hilang nyerinya.

Efeknya memang ga permanen, selama sekitar 15 - 30 menit efeknya mampu meredam nyeri. Jadi inget pemain bola yang kalo ditekel terus guling-guling, nampak kesakitan, terus dateng tim medis disemprot-semprot .. eh lari lagi ..! Kira-kira seperti itu cara kerja obat anti nyeri ini.

Saya pernah nyobain pakai obat-obat gosok atau balsem yang terkenal di Indonesia. Tapi efeknya ga seperti diiklan tv-nya. Ga ngaruh ...! Tapi ramuan Zheng Gu Shui, beda.. efeknya cespleng berangsur hilang nyerinya dan siap gowes lagi.

Sekali lagi, ini bukan iklan loh ya.. hanya testimoni ! Kalo Anda gowes dan memiliki nyeri sendi seperti saya atau sering kram, rekomendasilah ini disediakan ditas pinggang.

Sepedaan untuk hepi !


Part Wajib Sepeda Turing : Standart Tengah

Perbedaan mencolok sepeda Turing dan XC adalah Jika sepeda XC dibuat seringan mungkin, seminimalis mungkin sampai hanya menyisakan part yang wajib. Yang sunah ditinggalkan, halah apa sih ... Maksudnya hanya menyisakan frame, wheelset, GS, dan Brakeset. Haram hukumnya masang fender apalagi rack buat pannier,.. haghaghag !

Kalo sepeda turing kebalikannya apa aja dicantelin, fender full ban.. Rack depan belakang, spion, pannier, matras, tenda, tas HBB, kulkas, kompor, spring bed.. hadeh ..! becanda .. kayaknya sih kalo memang bisa diangkut, diangkut tuh ..!


Ditambah lagi sepeda turing itu biasanya sepeda besi atau paling mentok chromoly, sehingga kalo full loading itu bisa mendekati 30 kg. Huff, pasti ngeden itu kalo TTB ditanjakan, haghaghag !

Diperlukan standart yang mumpuni untuk menahan beban saat berhenti istirahat. Saya terhitung udah 2 kali mengganti standart, 3 kali dengan yang sekarang.

Yang pertama standart tengah model 1 kaki, karena model sepedanya ga ada baut untuk standart tengah jadi sering meleset klemnya. Yang ke-2 standart samping belakang, patah saat bike camping Cibodas.

Kayaknya yang model standart tengah 2 kaki ini pas mantap, .. kebetulan ukurannya pas dengan tinggi sepeda jadi disamping fungsional juga jadi tambah manis si Wild Cat.

Ga perlu ribet lagi kalo lagi pas ketemu warung, tinggal jleb .. tarik boncengan ke belakang. Berdiri dengan manis di pinggir jalan, nungguin tuannya ngopi di warung ..  maklum tim mawar.

So, .. menurut Saya, sepeda turing wajib pake standart tengah dua kaki !

#mtbfederal
#touringyuks!




Belajar Tentang FD (Front Derailleur)

Ngebahas lg nyok smbil ngupi.
Temanya FD (Front Derailleur)
Salah satu parts sepeda yg berpasangan dgn crankset yg berchainring triple ato double. Krn crank yg mpunyai 1 chainring saja ky nya ga perlu memakai fd. Spt spd: fixie, citybike, bmx dll.
Fungsi fd ialah untuk menggerakkan chain (rantai) dari chainring yg kecil ke chainring yg lbh besar bgtupun sbliknya.










Bagian fd yg bertugas menggerakan rantai dn menjaga agar rante tetap diposisinya ialah "SWING". pada dasarnya bentuk swing sama. Namun ada perbedaan antara swing untuk double dn swing untuk triple chainring (gb.1&2)
Swing untuk double chainring sisi swing bgian dalam hmpir sama melengkung mengikuti sisi swing bagian luar.
Swing untuk triple chainring sisi swing bagian dlm aga kebawah dari sisi swing bgian luar. Krn agar mnjangkau rante pada posisi chainring terkecil.
Di badan fd ada dua baut, apa gunanya?
Dua baut itu biasanya diberi simbol H (highspeed) dan L (lowspeed). Baut ber simbol H, berfungsi mnjga agar rante tdk keluar/lepas pada chainring yg bermata besar. Baut bersimbol L, berfungsi mnjga agar rante tdk kluar/lepas pd chainring yg bermata kecil.
Pemasangan fd yg baru pd frame dipermudah oleh sticker merah yg menempel pd swing bgian luar. Distiker tertera jarak antara swing dgn mata chainring tertinggi adalah 1-2mm.
Skrg type dn nama2 fd
* Fd downswing ato highclamp
Posisi clamp/penjepit nya diatas swing fd tsb (gb.3)
* Fd topswing ato lowclamp
Posisi clamp/penjepit nya dibawah swing fd tsb (gb.4)
* Fd Braze on
Fd yg tdk menggunakan clamp untuk menempel di bgian frame. Tp frame tsb sdh menyediakan tmpat khusus untuk fd ini (gb.1,2&5). Fd braze on biasanya dipake untuk frame roadrace
* Fd E-type
Sprti fd braze on, tdk mpunyai clamp. Posisi penguncian dibagian bwh swing. Fd ini biasanya digunakan frme khusus AM (gb.6&7)
* Fd direc mount
Sama sprti braze on dn e-type, tdk mpunyai clamp. Penguncian dibagian atas swing (gb.8&9)
Fd2 yg terbaru yg mggunakan clamp, biasanya sdh bisa digunakan oleh frame yg mempunyai route cable (jalur kabel) shifter atas atau bawah. Disebutnya dualpull (bisa tarikan atas dn bawah)..
Udah ah...segono aje
Ntar kepanjangan jd males bacanya..
Smoga bermanfaat.

ditulis oleh : om Nana

Rear End

Rear And ato biasa disebut anting RD ato kuku macan ato apalah....sebutannya.
Ialah parts pelengkap yg menyatukan Rear Derailleur (RD) dgn Frame.
Parts ini unik krn setiap Frame mempunyai Rear And yg berbeda-beda. Oleh karena itu bila rear and anda patah dn mencari rear and baru ditoko sepeda, harus mbawa rear and yg asli nya. Sebab akn membingungkan jika anda ga mbawa contohnya.
*rear and 'patah' karena????
1. Rear and patah karena pengoprasian shifting pada RD.
2. Sepeda terjatuh.
3. Ditabrak pengendara lain.

Rear and pada spd2 yg berbahan aluminium ato carbon memang di 'design' agar mudah patah. Knapa?, karena untuk melindungi frame anda (dropout nya). Anda bayangkan saja klo rear and anda terbuat dr besi ato baja, sewaktu ada beturan ato tabrakan di posisi RD dn rear and terlalu kuat. Maka yg akan PATAH ialah frame anda (dropout) nya. Lebih rugi mana? Rear and patah ato frame (dropout) nya patah..
Oleh krn itu stiap pabrikan mendesign rear and nya agar mudah patah sewaktu kena benturan.
Oleh krn itu buat manteman bila rear and patah, beli lah ditoko sesuai contoh aslinya (dibawa).
Klo ada yg mncoba mo bikin sndri, buatlah dr bhn aluminium saja, jgn besi ato baja.
Smoga bermanfaat.
ditulis oleh : om Nana
Hosting Unlimited Indonesia