Hosting Unlimited Indonesia

Curug ke-3 : Ciherang dan Tanjakan Super Ngehe

Journey Kita kali ini adalah rangkaian kegiatan gowes wisata XPDC-100Curug, dari 100 tapi baru 3, masih banyak banget ya sisanya. Tapi ga masalah, toh orang menghitung memang kan selalu mulainya dari 1.

Curug ke-3 ini adalah Curug Ciherang, berada di desa Warga Jaya - Kecamatan Suka Makmur - Bogor. Kalau dihitung total jarak tempuh dari rumah dikisaran 66 km atau kali 2 untuk pp, 132 km. Yang istimewa Saya dan tim  Curug Hunter melakukan perjalanannya pada hari kerja, Selasa 8 September kemarin.

akhirnya ... sampai di tanjakan terakhir sebelum curug ciherang

Debit air Curug Ciherang saat ini, meskipun di tengah musim kemarau masih lumayan besar. Meskipun tidak sederas sekitar bulan Juli saat Saya survey naik motor ke sana. Tapi masih lebih deras dari pada Curug Cigamea yang hanya seperti kucuran air di pancuran di rumah. 

Viewnya juga keren, di pertigaan yang ada tiang tulisan selamat datang naik sedikit ke atas Kita akan disuguhi pemandangan lembah dan trek jalan yang baru dilewati meliuk, dengan latar belakang Gunung Batu, cool dah pokoknya!

hampir sampai coy, 800 meter lagi ..

teman ga ninggalin teman ...

Hanya saja bro, .. tanjakannya sadis banget, Super Ngehe ! Sebenarnya perjalanan sudah mencapai 90% atau disekitar km 55 dari rumah termasuk cepat. Jam 11 Kami sudah memasuki desa Suka Makmur. Berarti harusnya sudah tinggal menuju desa Warga Jaya dan itu tidak sampai 10 km. Tapi apa yang terjadi, Kami memerlukan hampir 4 jam untuk menaklukan tanjakan-tanjakan di 10 km terakhir. 

Sudah seperti mau copot jantung dan dengkul, di tanjakan-tanjakan itu bahkan Saya hanya mampu mengayuh pedal  50 kali harus berhenti untuk mengambil nafas, sadis.

tanjakannya bikin dengkul ngebul, bau sangit !

tanjakannya bikin dengkul ngebul, bau sangit !

Terik panas matahari membuat Kami cepat lelah, sudah tidak terhitung berapa botol air mineral yang Kami habiskan. Tapi untungnya Kami punya Tim Curug Hunter yang pantang balik kanan sebelum sampai tujuan. TTB pun kami rela lakukan demi bisa njebur di air Curug, hehehhehehe .. 

Akhirnya skitaran jam 3 sore, Kami mencapai tujuan Kami Curug Ciherang. Asrinya pemandangan di Curug dan dinginnya air membayar usaha keras Kami sampai dengkul bau sangit untuk sampai di Curug Ciherang full gowes.

elok ...

curug kembar, eloknya ...

om choir in action ...

Angkat terus om ... bawa sampe curug

om farid mandi di kolam paling bawah, kami mandi di curug (atas) dan kami kencing disana ...

tim curug hunter edisi ciherang Om echo, om ade, saya, om Farid, om Choir, dan om Nana ..dari kiri ke kanan

Perjalanan ke Curug full gowes memang seperti tobat sambel. Meskipun susah payah dan berpikir menyerah justru itu yang membuat Kami Tim Curug Hunter merasa semakin penasaran memburu curug yang lain.

Tim pulang jam 5 sore, seperti biasa. Kami mengutamakan keselamatan, karena hampir sama semua tipikal curug dimana titik-titik terakhir perjalanan berangkat adalah full tanjakan atau titik awal kepulangan adalah full turunan. Kami membutuhkan bantuan cahaya matahari agar pandangan mata kami maksimal melahap turunan yang extra cepat. Pulang yuk ah .. sampai jumpa diartikel mengenai the next curug !

Upgrade Fork, Biar Kekinian

Akhirnya harus menyerah pada fork asli bawaan Federal, dratnya sebagian sudah aus jadi sering banget oblak. Takut kalau patah di jalan. Lagian juga, meringis kalau gowes ketemu jalanan makadam, pegel bro ..! Jadi akhirnya harus realistis tapi tetap ekonomis.

proses operasi kaki depan si kucing liar dilakukan di bengkel Usaha Baru, Kranji !

Meskipun harus melepas identitas Federal yang identik dengan shock Rigid. Ga apalah, yang penting merasa lebih aman dan nyaman. Sempat konsultasi ke beberapa teman yang lebih berpengalaman, sebenarnya bisa diperbaiki dengan dilas tambal daging kemudian dibuat ulang dratnya di tukang bubut.

Tapi, dirasa masih beresiko. Takutnya gagal malah cuma buang duit. Ya sudahlah ! ganti baru Saja. 

Federal ini yang menjadi contoh upgrade fork dengan shok suspensi, RST Capa. Tunggangannya om Farid

RST Capa T80


Ketika gobar ke Curug Ciherang kebetulan tunggangan om Farid juga Federal tapi sudah modif fork dengan dengan tipe RST Capa. Jadi semakin yakin untuk upgrade Federal Wildcat juga, kan udah ada contoh jadi ga takut gagal.

MTB klasik seperti Federal masih menganut teknologi steertube drat. Berbeda dengan MTB zaman sekarang yang sudah menggunakan steertube model jepit. Ukuran steertube juga berbeda, Federal Wildcat menggunakan steertube ukuran 22 mm. Atau lebih dikenal dengan headtube standar, sedangkan MTB sekarang menggunakan headtube OS (oversize) yang biasanya berukuran di 25.4 mm.

Cukup sulit juga mendapat fork suspensi model jadul seperti itu, akhirnya dapat di toko sepeda di bilangan Kranji. Sebetulnya ada 2 pilihan antara merk Logan dan RST. Tapi karena budgetnya cukup pilihan jatuh yang agak bagus sekalian, RST Capa Travel 80. Harganya kisaran 300rb-an. Hasilnya posisi gowes jadi lebih tegak !

Ok, semoga awet dan lebih nyaman digowesnya. Dan semoga juga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman yang mungkin ada kendala seperti Federal Saya, yang bermasalah dengan dork oblak.

Salam, ...

Point-point yang Perlu Dicek Sebelum Memutuskan Beli Federal

Sudah dapat Federal impianmu ? Eit.. sabar dulu jangan langsung angkut tuh barang. Apalagi kalau dalam bentuk frame + fork saja. Teliti dengan seksama beberapa point krusial ini, agar tidak menyesal setelah dibeli.

Federal itu terkenal sepeda kuat dan bagus. Tapi, karena umurnya yang sudah 20 tahun lebih dan Kita juga tidak tahu bagaimana riwayat pemakaian Federal itu. Mungkin saja si Federal itu pernah jatuh, tabrakan, atau pernah menghuni gudang bersama rongsokan terlalu lama. 


Federal model WildCat


So, ini dia beberapa point yang wajib di cek :


Karat


Cat boleh kusam, baret, atau pudar tapi jangan sampai ada karat. Karat pertanda sepeda Federal kurang terawat atau terlalu lama menghuni gudang bareng barang rongsok.

Cek Drat

Drat itu ulir tempat baut masuk. Ini juga point krusial, cek satu persatu drat di antaranya : drat eyelet, drat bearing bottom, drat brake depan belakang, pokoknya semua drat harus dicek jangan sampai ada yang sudah aus.

Fork, head tube dan headset

Head tube, headset, dan fork adalah komponen yang bekerja extra berat, Federal masih rigid shok, jadi saat masuk jalan rusak tidak ada suspensi yang meredam guncangan. Makanya, paling sering ditemui bagian ini rusak. Headtube retak, fork ulir aus atau  headsetnya pelornya pecah. 

Head tube retak atau pecah

Headtube retak tidak bisa ditoleransi, jika menemukan frame yang headtubenya retak mending dibatalkan saja, cari frame yang lain. Makanya Saya jadikan point cek sendiri karena penting sekali.

Frame tidak simetris

Jika frame bengkok atau sudah tidak center, itu tandanya frame ini pernah tabrakan atau jatuh parah. Batalin saja kalau ketemu frame yang sudah tidak simetris, perlu biaya mahal dan orang dengan keahlian khusus untuk memperbaikinya.

Kelihatannya ribet banget ya, hmmm.. ditambah lagi untuk beberapa point dari cek point di atas juga perlu keahlian khusus. Jadi gimana dong kok ribet amat. Saran Saya, beli aja Federal dari beberapa bengkel atau seller yang sudah rekomendasi dan kredibel di dunia Federal. Kali lain akan Saya kupas tentang orang-orang itu.

Ciri-ciri Sepeda Federal Asli

Rupanya virus Federal sudah menular ke sebagian teman-teman goweser. Buktinya sudah ada beberapa orang yang menghubungi Saya lewat private mesenger, menanyakan kondisi sepeda itu Federal asli atau bukan.

Federal merupakan MTB pertama keluar di Indonesia, di era tahun 1990-an. Bisa dikatakan sekarang sudah model klasik, retro atau vintage. Dan sudah tidak diproduksi lagi. Jadi Federal yang masih beredar sebagian besar merupakan hasil rebuild meskipun masih ada yang original seperti aslinya tapi jumlahnya makin langka.

Bisa dimengerti karena usia sepeda ini sudah tidak muda lagi. Sudah 20 tahun lebih, jadi pasti cat, frame, dan kondisi partnya sudah aus dan ketinggalan zaman. Makanya, banyak yang pemilik Federal yang mengupgrade sebagian komponennya dengan komponen sepeda masa kini. Terutama di Groupset, shock, brake, dll.

Ok, mari menyimak panduan singkat mengenai bagaimana sih ciri-ciri sepeda Federal itu original atau asli. Bukan hanya ditempel decal atau stiker federal saja.

  • Las-lasan sepeda Federal itu terkenal rapi.




  • ada S/N di bawah Bearing Bottom (BB) yang biasanya di awali huruf FC XXXXXXXX

  • Sambungan antara Seat stay dan Seat tube khas Federal, potongan besinya serong.


Di samping itu bahan frame Sepeda Federal masih besi hi-teen, jadi kalau diangkat  terasa lebih berat dari pada sepeda yang berbahan chromoly atau alloy. Itu adalah ciri-ciri umum yang biasanya ada di sepeda Federal. Sedangkan ciri-ciri yang khusus mengikuti model sepeda Federal, seperti eyelet, DO, dll. Okey, itu saja ! Selamat berburu Federal !
Hosting Unlimited Indonesia