Hosting Unlimited Indonesia

DiY : Membuat Charger HP Tenaga Matahari

Pengalaman ke Tanjung Lesung, berada diluar rumah selama 4 hari ... bersepeda. Dihari keempat terasa jauh dari peradaban. Gegaranya adalah powerbank abis daya dan HP lowbat. Lengkap sudah.. Dihari ketiga sudah sekarat, hanya bisa numpang ngecas HP di warung yang Saya singgahi, sebentar kemudian HP mati lagi.

Kejadian yang sama tidak boleh terulang diacara TDP#7 (Tour de Pangandaran edisi ke-7) yang lebih jauh dan lebih lama durasinya. Rencana Saya fullgowes PP, sudah mempersiapkan cuti 7 hari.

Kemarin tanya sana-sini mengenai powerbank solarcell, tanya google. Banyak powerbank solarcell yang harganya murah, tapi menurut teman yang sudah pakai itu barang abal-abal. 



Dapat ide membuat sendiri charger sollarcell. Jadi selama gowes siang hari, memanfaatkan tenaga matahari untuk charge powerbank. 

Berikut Saya bagikan tutorialnya, siapa tahu berguna untuk Anda ..

Bahan yang perlu dipersiapkan :
  1. Kit Sollarcell (bisa beli ke Saya)
  2. Kabel mini USB 
  3. Powerbank
  4. solder dan timah
  5. Tas top tube (ini juga bisa dibeli di Saya)
Kit solarcell sudah setengah jadi, yang perlu Kita lakukan hanya menyambungkan kabel usb mini plus dan minusnya ke patern solder plus minus sollarcell dengan timah solder.







Tas top tube yang dipakai untuk meletakan sollarcell dan powerbank agar tetap praktis dan aman selama perjalanan.



Meskipun bisa langsung dipakai untuk charge HP, tapi kalau Saya lebih memilih mengisi powerbank sampai penuh. Nah, dari powerbank ini bisa dipakai untuk macam-macam, HP, Senter, Lampu tenda, dll.

CU at Next Artikel DIY ...


#‎xpdc100curug #fullgowes‬ ‪#‎7persenwarass‬ ‪#‎federal‬ ‪#‎bike2camping‬ ‪#‎cuter‬
 ‪#‎picknikers‬ ‪#‎gowes4healthdotblogspotdotcom‬

" jika bermanfaat ... tinggalain jejak ya ..share, like, atau comment di Blog ini, Thanks ! " 





8 komentar:

Hosting Unlimited Indonesia