Hosting Unlimited Indonesia

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Long Distance Journey ?

Mungkin karena memang sudah bulannya kali, Agustus ini banyak komunitas yang mengadakan acara tentang sepeda yang sangat menarik. Pasti ada kaitannya dengan HUT Kemerdekaan Indonesia yang jatuh di bulan Agustus ini.

Salah satunya adalah Jambore Sepeda Nusantara 2015 di Waduk Jatiluhur - Purwakarta tgl. 29-30 Agustus 2015. Dari Bekasi, para penggiat sepeda berpartisipasi dengan mengirim kontingen Bekasi - Jatiluhur full gowes. Jaraknya ga tanggung-tanggung 291 km pp. Semisal Saya ikut berarti ini menjadi rekor pribadi.


Musti dipersiapkan secara khusus nih sepedanya :

Overhaul Hub dan Stel Jari-jari


Sepeda yang nanti Saya pakai ke acara Jambore Sepeda ini adalah sepeda tua keluaran tahun 2011, hmm.. mesti cek ulang secara keseluruhan. Sebagian Saya lakukan sendiri di rumah dan yang bagian sepertinya tidak sanggup baru dibawa tenaga ahlinya. 

Dan rupanya, kondisi jari-jari ban belakang sudah tidak center hole lagi, putarannya udah ndut-ndutan. Nah ini bagian yang musti dikerjain sama bengkel. Sebenarnya alat atau kuncinya murah, cuma untuk setingnya .. hehehe.. perlu keahlian khusus dan ragum buat ngukur centernya rim. Sore ini sepeda Saya bawa ke bengkel di Asem yang letaknya paling ga sampe 1 km dari rumah.
berhubung roda belakang udah dilepas, sekalian OH hubnya.. ganti pelor dan ganti grease. Sekalian bongkar jadi nantinya ga perlu bongkar-bongkar lagi dalam jangka lama.

Ganti Ban Luar


Ban luar yang melekat di si Police 911 - Orlando sekarang adalah Kenda 26x2.10 dengan model kembang offroad. Tapi nampaknya ban ini sudah tidak terlalu bagus. Karetnya sudah retak dan nampaknya sudah tipis. Kemarin aja saat gowes mbolang trek JPG sempet bocor gara-gara hanya tertusuk ranting pohon. 

Sudah minta peremajaan harusnya ban luar si Police 911 - Orlando, tapi hmmm.. harga ban rupanya lumayan juga. Pengin ganti sama Kenda yang Eight Blok atau Delitire yang model turing ukuran 26x2.10 atau 26 x 1.90. Sabar dulu mudah-mudahan sebelum berangkat ke Jambore Sepeda di Jatiluhur sudah bisa ganti, minimal yang ban belakang dulu.

Perlengkapan Kemping


Acara Jambore Sepeda Nusantara 2 hari 1 malam dari tgl. 29-30 Agustus, artinya ada acara kemping alias menginap. Alat-alat sudah dipersiapkan :

  • Tenda doom kapasitas 2 orang
  • Flysheet atau jas hujan juga bisa untuk kondis darurat
  • Matras
  • Sleeping bag
  • Kompor trangia/outdoor buatan sendiri
  • alat masak
Btw, di atas adalah persiapan jauh-jauh hari yang Saya lakukan. Jika Anda termasuk salah satu peserta yang akan mengikuti acara itu persiapkan dengan baik. Kondisi sepeda Anda pastinya yang tahu seluk beluknya adalah Anda. Jika memang ada yang dirasa kurang atau bermasalah cek dan perbaiki, mengingat ini adalah perjalanan yang panjang. Hampir 300 km pp akan sangat mengganggu bila terjadi problem di tengah perjalanan.

Yuk .. mari persiapkan Sepeda, perbekalan, dan fisik !

#jamboresepeda




Gobar yang Bikin Galau

Dalam waktu tiga minggu ke depan, undangan acara gobar padat merayap. Argh ! Jadi dilema menentukan pilihan. 
  • Fun Bike HUT PDAM atau Trek Japingkal - Romod, Cibubur di tanggal 9 Agustus. 
  • Mbolang ke Curug Ciomas atau Bike camp di Cigeuntis bareng Goweser Karawang di tanggal 16 dan 17 Agustus.
  • atau Jambore Sepeda di Jatiluhur tanggal 29-30 Agustus 2015

Menentukan pilihan ikut gobar yang mana ternyata bikin dilema, sono-sini teman, sana-sini asyik. Cuma waktu dan duitnya terbatas. Apalagi untuk yang sekelas bikecamp membutuhkan persiapan yang lebih komplek dan konsekuensinya butuh banyak biaya.

Dan ternyata ramai juga tanggapan teman-teman dibeberapa group. Ada yang nyeletuk, sepedanya tau-tau dipajang di toko online sama istri, ada juga yang komen dibuatin tumis ban dalam. hag hag hag ...! hmmm.. terlalu asyik sama sepeda jadi lupa sama keluarga.

Ya sudahlah ! dibuat asyik aja, dipikir sambil gowes. Tapi minimal 2 yg diikuti yang sudah mengkristal. Curug cigeuntis ngajak bareng keluarga naik mobil, sepeda di bagasi sampai di kampung turis. Dan Yang pasti, Gobar Jambore Sepeda Nusantara Jatiluhur full gowes. Kayaknya ramai banget nih yang berangkat dari Bekasi.. pasti seru !




DiY : Kompor Trangia v2.0

Pada kesempatan yang lalu, pernah diulas mengenai kompor trangia/outdoor yang terbuat dari kaleng bekas minuman. Sebut aja trangia v1.0, Sebenarnya kompor trangia v 1.0 ini secara hasil memuaskan. Hemat bbm dan waktu yang diperlukan untuk memasak mendekati kompor gas. Tapi, kali ini kita akan mencoba membuat kompor trangia dengan bahan yang sama yaitu tetap dari sebuah kaleng bekas minuman tapi dengan model yang berbeda.
kompor trangia yang di buat om Dayim Tri

Cara pembuatannya bisa mengikuti instruksi seperti di link youtube ini ..


Silahkan ikuti cara pembuatannya di link youtube yang di atas, kita akan bahas mengenai performa trangia DiY v2.0 ini ..

Kompor Trangia DiY v1.0 VS v2.0


Jika dibandingkan kelebihan  trangia DiY v2.0 vs trangia DiY v1.0 yaitu :
  • kompor trangia DiY v2.0 ini lebih enak dilihat, lebih keren bentuknya
  • Proses pembuatan sedikit lebih sulit karena memerlukan bor untuk membuat lubang-lubang yang berfungsi sebagai sumbu api. Gunakan mata bor terkecil ukuran 2 mm
  • Untuk memasak seteko air kira-kira 800ml memerlukan waktu sekitar 12 menit
  • Bahan yang dipakai sama yaitu sebuah kaleng bekas minuman ringan, atau bisa juga kaleng kemasan susu bear brand.
test rebus air 800 ml, untuk sampai mendidik sekitar 12 menit

Hasil Test

Dari hasil test kompor trangia DiY v2.0  ini masih perlu beberapa penyempuraan :
  • Perlu dibuatkan stand atau dudukan alat masak [nesting, mug loam, wajan, ketel atau panci] agar lebih stabil dan juga sepertinya perlu spase antara kompor dan alat masak agar pasokan oksigen maksimal.
  • perlu tambahan alat pelindung angin [windshield] bila mau dipakai di luar ruangan.



Pertolongan Darurat Ban Bocor

Sebelnya kalo tiba-tiba ban bocor di tengah perjalanan. Untuk mengantisipasi hal itu mustinya selalu ada ban dalam atau alat tambal ban di tas tool. Kejadian itu kemarin Saya alami saat gowes mbloang trek JPG menjelang finish sekitar area padang ilalang Danau cibeurem ban belakang bocor.

Untungnya bukan gowes solo, masih ada Wewe TMB yang dengan sigap membantu Saya  mengganti ban dalam. Untung kedua kalinya itu ban dalam sempat saya masukan ke tas perbekalan, jadi aman ga perlu TTB cari tukang tambal ban.
bongkar pasang ban dalam hanya perlu tangan kosong ternyata

bocor tertusuk ranting pohoh, hmm .. ban luarnya perlu diganti udah tipis


Ban Dalam atau Alat Tambal Ban


Untuk jaga-jaga kondisi darurat yang tidak diinginkan, salah satu yang harus selalu ada di tas peralatan adalah ban dalam cadangan atau alat tambal ban. Lebih enak sih kalo yang di tas alat ban dalam cadangan tinggal ganti pompa, beres. Tapi ban dalam cadangan makan tempat, lebih praktis alat tambal ban.

Kit tambal ban yang praktis dipakai adalah tipe cold patch atau tipe dingin. Tidak perlu dibakar atau dipanaskan seperti yang sering kita liat untuk tambal ban motor. Murah saja harganya, 20 rb udah 1 paket berisi patch karet 48 buah dan 1 buah lem tube.

Add caption
Sebelum ditempelkan karet patchnya perlu dibersihkan dulu area bagian yang bocor dengan gergaji besi atau pisau yang fungsinya untuk membersihkan permukaan yang akan dilem dari minyak, kotoran atau debu. Agar karet patch menempel sempurna dan tidak bocor.
Langkah selanjutnya silahkan baca diketerangan gambar. Tidak perlu buru-buru menyelesaikan proses menambal ban, yang teliti dan hati-hati agar proses tidak perlu diulang apabila ternyata hasil tambalannya masih keluar angin.
Olesi lem di area ban yang bocor, tipis aja terus ratakan dan tunggu sekitar 10 menit agar lem nantinya melekat sempurna

lem tambal ban yang didapet dalam kit tambal ban

tempelkan karet patch

pukul-pukul atau tekan untuk hasil yang sempurna

test sebelum dipasang
Jika kejadian ban bocor Anda alami di tengah jalan dan Anda bawa cadangan, Ban dalam yang bocor jangan dibuang dulu, simpan dan tambal sesampainya di rumah dan masukan kembali ke tas alat untuk dijadikan ban cadangan.


Selft Maintenance : Roda Depan

Roda Depan nampaknya sudah mulai seret ini putarannya, sayang kalo gowes tenaga terkuras kalo putaran roda ga loncer. Ditambah lagi ini hari bangun kesiangan, harusnya jadwal CFD bareng SGB di Bekasi. Jadi ya sudahlah, kita coba cek kenapa dengan roda depan yang rada-rada seret putarannya.

Tips Maintenance Roda Depan


Modelnya masih yang pelor ini hub roda  depan, saat dibongkar tadi saya tambahkan grease agar putaran loncer lagi. Sambil cek pelor-pelornya masih utuh ga, atau mungkin ada yang udah pecah atau retak. Ternyata masih komplit dan oke hanya kurang grease saja.
tambahin grease/gemuk biar tambah loncer


pasang kembali



baut as roda tidak boleh terlalu kencang, menyebabkan putaran roda seret

grease hi-quality, punya mobil

Saat memasang kembali, jangan terlalu kencang baut yang empat yg terpasang di as roda, yang penting putaran roda jangan oblak aja. berikut tips dan point pentingnya :

  • hati-hati saat bongkar baut as roda, didalamnya ada pelor-pelor. Pelan-pelan saja
  • Tambahkan grease atau gemuk secukupnya dua sisi.
  • Saat memasang kembali, baut-batu as roda tidak perlu terlalu kencang. Yang justru akan membuat putaran rodanya seret. Yang penting roda ga oblak

Cek Rem, Rotor senter ke pad brake


Salah satu yang bisa menyebabkan putaran roda kurang loncer adalah gesekan rotor dengan pad rem. Hal ini sering terjadi ketika rotor yang sudah lama dipakai mulai tidak rata atau bengkok permukaan. Saat kecepatan tinggi kemudian direm akan menimbulkan panas yang bisa menyebabkan permukaan rotor mulai bengkok.
stel ulang kaliper untuk mendapatkan posisi pad dan rotor roda depan yang center


Tips :
  • putar roda dengarkan baik-baik jika ada suara gesekan kemungkinan salah satunya adalah rotor dengan pad yang bergesek.
  • stel ulang posisi pad dan rotor dengan cara stel posisi QR mengunci roda dan menyetel ulang pad di kaliper.
  • yang ideal adalah rotor sekecil mungkin bergesek dengan pad dan rem tetap pakem, cari posisi seperti ini.
  • atur sudut pandang matai agar terlihat celah antara rotor dan pad, sambil putar roda pelan-pelan. Cari sampai posisi rotor bebas dari gesekan pad.

Menghidupkan Kembali Trek JPG - Bekasi

Prihatin melihat kondisi trek JPG yang kurang peminat, sepi. Padahal trek ini dilihat dari berbagai sudut pandang, sangat layak untuk dijadikan rute alternatif. Selain trek yang sudah mapan dan terkenal di Bekasi seperti Warung Bondol atau Trek JJ.

Trek JJ itu Bike-Friendly


  • Dari sudut panjang trek, Grandwisata - Kota Wisata bisa ditembus melalui trek JPG. Panjang rute ini menurut pengukuran dengan Cyclo Cateye Velo 7.0 yang terpasang di sepeda Saya adalah kisaran 18 km. Ideal untuk kegiatan mengisi liburan di hari Sabtu dan Minggu. Jika dihitung PP berarti 36 km, bisa ditempuh 2-3 jam gowes atau 4 jam jika ditambah waktu istirahat. Cocok !
  • Trek JPG 99% single trek dengan medan tanah, jarang kendaraan bermotor dan hanya sesekali cross jalan cor warga. Sangat  biker-friendly, Cocok buat melatih handling dan manuver. Trek yang sempit berbatas kanan kiri rumput, tanjakan, lubang, dan sesekali jalanan berbatu dari puing-puing rumah sangat cocok untuk menaikan level handling dan reflek.
  • Misal diadain acara gobar di rute ini, dengan peserta yang banyak, misalnya 30 orang. Pasti keren foto-fotonya memanjang 60 meter sepeda semua. Cool !!!
  • Untuk kegiatan rutin mingguan, Gowes memerlukan variasi distinasi, makin banyak makin ga ngebosenin. Trek JPG ini bisa menjadi salah satu destinasi variatif itu.
  • Kontur trek tanah cocok buat melatih ketahanan nafas dan dengkul. Tanah mempunyai traksi yang lebih kuat terhadap ban. Dan trek yang lurus bisa buat melatih otot kaki, kecepatan, nafas, dan ketahanan.
lurus aja ...

gardu Gas di trek JPG

Kekurangan Trek JPG :


  • Trek cenderung monoton dan mudah ditebak, hanya berupa jalanan lurus. Anda sekali aja ke trek ini kemudian mengulang di lain waktu dijamin ga bakalan nyasar
  • kurang akomodasi seperti warung-warung yang bisa disinggahi oleh goweser
  • Nampaknya jika hujan trek JPG makin susah dilibas. Tanah merahnya menempel lengket di ban, bisa-bisa bannya menjadi donat.

Ide untuk meramaikan Trek JPG :


  • Mengadakan event seperti funbike 
  • mengadakan gobar untuk mengenalkan trek ini kepada goweser di seputar Bekasi
  • Jika trek JPG ini mulai ramai, bisa dipastikan akan diikuti menjamurnya warung-warung  khusus goweser singgah.
Hosting Unlimited Indonesia