Hosting Unlimited Indonesia

Rute Jalur Bekasi - Jatiluhur Full Gowes

Jatiluhur merupakan waduk, yang salah satu terbesar di Indonesia. Terletak di Kabupaten Purwakarta - Jawa Barat. Dengan yang full gowes kemarin itu berarti ini kali ke-3 Saya mengunjunginya.

Awal sih diotak Saya, Jatiluhur itu jauh banget. Apalagi kalo harus ditempuh dengan full gowes, tapi ternyata tidak lebih jauh dari Cigamea. Oya .. kalo mau tahu pengalaman Saya full gowes ke Cigamea ini linknya.

Ternyata rute PP Bekasi - Jatiluhur tercatat hanya 175 km di cyco computer yang tersemat di Sepeda. Padahal awalnya Saya berharap bisa memecahkan rekor sebelumnya yang 180 km. Mungkin salah satu faktornya karena saat perjalanan pulang, kami dipandu oleh teman-teman dari Goweser Karawang. Memotong rute lumayan panjang.

ini arah jalan pulang yg di marshal in goweser karawang, di Babakan Cikao, naik getek ..  banyak motong jalur ! Lumayan ...

Rute Perjalanan

Dari Bekasi, rute yang Saya tempuh kemarin adalah lewat Kalimalang. Menyusuri Kalimalang sampai di km 0 nya di Curug Klari. Dari situ naik ke Jalan Curug, terus belok ke Kiri arah kota Purwakarta. Mulai dari jalan Curug  ini, jalanan sudah mulai banyak tanjakan.

Sebenarnya saat berangkat, perjalanan berputar dulu ke kota Purwakarta tepatnya di Lapangan Polres Purwakarta, nah baru dari sana Lanjut ke Waduk Jatiluhur. Bagian yang paling seru dan melelahkan justru dibagian 1/4 terakhir. Mendekati Waduk Jatiluhur tanjakannya udah mulai super ngehe. Extrim, panjang dan ga abis-abis.

Jadi PR-nya tinggal di nafas. kalo dengkul dah kuat, hanya nafas yang belum sinkron dengan dengkul.

Mulai harus sering break di tanjakan-tanjakan terakhir, kadang harus 2 kali break untuk mengambil nafas. Saya lebih memilih berhenti sejenak untuk mengambil nafas dari pada harus TTB mengingat sepeda yang Saya pakai penuh dengan gembolan.

Di Pertigaan Cilalawak, Saya memutuskan untuk ambil kanan, meskipun sebagian jalan makadam, tapi lebih landai. Mulai memasuki jalanan makadam sekitar 2 atau 3 km, selanjutnya adalah jalanan aspal yang mulus tapi lagi-lagi ampun dah tanjakan melulu.

Sampai akhirnya melintas tanjakan terakhir, pertemuan pertigaan yang jalur pisah di Cilalawak tadi itu selanjutnya adalah turunan tajam yang meliuk memerlukan kehati-hatian menarik tuas rem. Jangan sampai nyusruk !

Akhirnya, sampai di Pelabuhan Biru Waduk Jatiluhur, tempat kami bike kemping malam itu.

piknik kita Masbro ...!
Keesokan harinya, setelah tenda-tenda dan perlengkapan dipacking ulang dan masuk di pannier. Perjalanan pulang dimulai. Rute memotong dari jalur kemarin berangkat. Di daerah Babakan Cikaso, kami memotong jalur sebelum pertigaan Cilalawak. Naik getek dan amazing ga terlalu jauh tembusnya di pertigaan Jalan Curug.

Melewati jalan makadam ternyata Saya sudah sampai di Curug Klari, km 0 Kalimalang. Rute selanjutnya tinggal menyusuri Kalimalang pulang menuju rumah di Bekasi. Sekitar jam 4 sore Saya sudah sampai di rumah.

Perjalanan panjang yang menyenangkan, sayang tidak bisa memecahkan rekor sebelumnya.