Hosting Unlimited Indonesia

Arah Jalan Pulang, Via Pameungpeuk Garut

Arah jalan pulang dari tdp#7 mengambil rute Pangandaran - Cijulang - Cipatujah - Sancang - Pameungpeuk - Garut - Bandung - Bekasi. Start dari Batu Karas setelah selesai pekerjaan terlalu siang, habis duhur.

Rute ini Saya dapat dari Om Dam 6 (baca damsix), seorang beachboy dan instruktur selancar di pantai Batu Karas. Mengenai sosoknya Saya ingin mengulasnya dalam artikel sendiri.

Info yang Saya dapat, rute ini menyusuri sepanjang pantai selatan menuju arah barat. Memang indah pemandangannya, banyak spot pantai-pantai wisata.

Mengejar sebelum jam 5 sampai terminal Ciheras, Cipatujah.. menurut info dari "intelejen warung kopi" ada bis yang akan membawa ke Pameungpeuk atau Garut.

Tapi terlambat, Saya menapakan ban disana ketika bus terakhir sudah lewat. Ya sudah.. Saya lanjut aja gowes sampai Sancang atau Pameungpeuk.

Ternyata Saya salah perhitungan, sampai menjelang maghrib Saya tertahan hujan di tanjakan kedua Sancang. Mlipir ke warung kopi.

Ngobrol dengan supir truk tronton, Saya baru sadar tanjakan yang akan Saya lewati didepan, super ngehe dan rute panjang sepi kiri pantai, kanan hutan karet. Sopir truk akan konvoi 6 atau 7 truk ketika melintas dimalam hari.

Rupanya ga bohong cerita si om supir yang baik hati ini. Tanjakannya panjang, lama, dan ekstrem pake banget. Sepi, jikapun ada yruk dari arah yang berlawanan, mereka konvoi. Ga ngbayangin kalau Saya tetap nekat lanjut,.. horor..!

Untung si om sopirnya baik hati menawarkan tumpangan loading sampai Pameungpeuk. Okelah, pilihan yang paling memungkinkan disitiuasi itu. Akhirnya si Alleycat naik ke truk teonton bermuatan semen.

Saat ini, jam 07.45 Saya dalam perjalanan rute berikutnya,... Pameungpeuk - Garut sekitar 80 km rutenya mendaki Gunung Cikuray.