Hosting Unlimited Indonesia

Rute Alternatif : Bersepeda Via Jalur Tengah JAwa Barat

Memang betul, jalan kalo flat aja, lurus aja itu membosankan. Sampai-sampai keripik aja mesti dipotong bergelombang, apalagi jalan hidup, jiah ! Yang seru itu kalau harus berjibaku hari demi hari, kadang diatas, kadang dibawah seperti roda nasib. Halah .. ngomong apa to le ... le ... Om Telolet om .. Jiah tambah ngaco.

Cukup satu kali untuk menjadi bosan dengan rute panjang nan lurus di sepanjang Pantura Jawa Barat. Saya melintasi dari Bekasi - Karawang - Subang - Indramayu - Cirebon, Saat Trilogi B2B Jilid 2 : Bekasi - Bali. Ya namanya juga bosan kan masalah hati ga bisa dipaksain, so .. ambil jalur lain, jalur alternatif .. jalur tengah Jawa Barat.

Dengan modus mengantar pulang kampung anak, kebetulan kampung orang tua di Kuningan. Sebenarnya bisa aja sih, sekeluarga naik bis .. tapi ya itu karena modus, saya anterin yang sulung motoran. Hari Senin berangkat rutenya Bekasi - Cikarang -  Karawang Kota - Klari pasar belok kanan - Curug - masuk Purwakarta  - Via jalan Industri di Maracang - Terus motong jalan di Jl.  Kopi - lanjut Campaka.

Dari Campaka masuk Subang via Kalijati (Paskas atau Pangkalan Lanud Suryadarma) - Subang Kota - Jl. Raya Subang - Cikamurang - rute ini sebenarnya mlipir di sebelah selatan jalan tol Cipali. Mulai Cikamurang sudah sedikit memotong Kabupaten Indramayu tapi bagian selatan dan Kabupaten Sumedang dibagian utara di Tomo.

Cikamurang - Jl. Raya tomo memotong yang ke arah Cijelag. Kalo mengikuti Jl. Raya Tomo itu masuk rute selatan arah Sumedang/Bandung. dari Tomo Masuk Kadipaten - Majalengka Kota - terus kearah Raja Galuh - selepas Raja Galuh akan masuk Cirebon di Dukupuntang ke arah Sumber.

Sebelum masuk Sumber potong jalur lagi langsung ke Kuningan dengan Tujuan Mandirancan. Nah dari Mandirancan - Cilimus, finish. Jika arah Cirebon di Dukuhpuntang tetap kearah Sumber - Cirebon.

Dengan pertimbangan waktu Saya survey dengan modus nganterin anak sulung pulang ke Kuningan, motoran. Nah .. hari Rabunya bersama Rafid Saya start gowes liburan pergantian tahun dengan tujuan Dieng. But, berangkat Loading naik Bis DMI dari Terminal Bekasi.

Baru pulangnya Saya full gowes dengan arah Dieng - Bekasi via Kuningan dan rute yang Saya urai diatas hanya saja dibalik arahnya.

Ini rute pulangnya Dieng - Wonosobo - Banjarnegara - Purbalingga - Purwokerto - Ajibarang - Songgom - Ketanggungan - Luragung - Mandirancan dan seterusnya seperti rute diatas.

Memang sih .. di beberapa titik rolling .. di Mandirrancan - Raja Galuh, dan di Kalijati. Sementara di titik lain kita akan disuguhi pemandangan sawah yang menghijau berseling dengan hutan jati di Cikamurang. Menjelang Subang jika kita lewat pagi-pagi akan disambut kabut yang menutupi persawahan. Rute yang cukup komplit dan variatif.