Hosting Unlimited Indonesia

Dengkul Cuter VS Teknologi Jepang

"Wah gile, Dengkul cuter, musti pake teknologi buat ngimbanginnya" teriak om Jauhari, sambil ngos-ngosan saat melibas tanjakan di jalur Tajur - Garunggang. 

Hehehe, maaf sebelumnya tulisan ini bukan berarti mencari menang-kalah. Karena Kita kan pelaku gowes piknik, golnya adalah mencapai titik destinasi, bukan siapa yang duluan sampai.

Tulisan ini menegaskan tentang ulasan Saya diartikel sebelumnya mengenai pentingnya rasio gear sepeda saat sudah mulai menjadi tanjakers, mulai hobi nanjak-nanjak. Ga nanjak.. ga asyik .. haghaghag .. ! Silahkan baca artikel ini, http://gowesforhealth.blogspot.co.id/2015/09/komposisi-gear-spesial-buat-nanjak.html



Gowes terakhir bisa dijadikan bahan rujukan dan analisa data statistik, yang bisa dianalisis korelasi antara tanjakan, dengkul, rasio GS, dan berat sepeda.

Spek Sepeda


Secara spek, sepeda Federal Wildcat Saya jauh tertinggal dari pada sepeda Dahon. Secara berat, sepeda Saya 2 kali lebih berat. Wildcat + gembolannya beratnya ditaksir mendekati 30kg, ketika Saya punya kesempatan coba Saya menenteng Dahon, hmm ga sampai 20 kg.

Secara spek rasio gear, gear terkecil Saya 24T - 36T. Dahon itu 22T - 40T, jauh banget ya ! Ngeri ya, spek si Dahon ini.. sudah cocok buat nanjak.

Spek Dengkul


Hahahahha.. kalo yang ini boleh diadu, dengkul Saya yang terbiasa gowes bareng om-om 7% waras dari Curug Hunter aka CuTer yang terbiasa melahap tanjakan-tanjakan ngehe dan super ngehe dan jarak yang jauh, masih bisa diandalkan.

Meskipun, om-om goweser di cuter masih banyak yang punya dengkul tukang becak,... Haghaghag ... tukang becak dilawan. 

Result


Ketika melahap tanjakan dengan trek keras, aspal atau jalan berbatu/aspal terkelupas, Dengkul masih sanggup nyalip rasio gear 22T - 40T. 

Tapi, ketika medan mulai berubah menjadi trek tanah pasir gembur, dengkul Saya K.O. .. teknikal knokout..haghaghag .. mungkin karena berat sepedanya ketika digowes ban tertanam amblas ke tanah gembur.

TTB dengan berat sepeda 30 kg dan berat sebelah kanan (karena tas pannier Saya hanya sebelah kanan saja yang terpasang), ditambah pijakan tanah yang meleset bikin frustasi,...

Sebetulnya, udah ada wacana di otak Saya untuk upgrade, minimal Crank dengan Chainring 20T.. tapi bulan-bulan ini belum tersisa dana untuk belinya.


2 komentar:

  1. dengkulnya memang top markotop . joss markojoss
    kalau dengkul cuter + teknologi ... wah pasti pada ngibrit semua .. wk wk wk
    btw .. gear depan . saya hitung2 ada 22 gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ralat om .. sorry
      btw, kok sy ga bisa komen di blog bersapedahan ya om ?

      Delete

Hosting Unlimited Indonesia