Anatomi Sepeda
1. Handlebar
Setang berfungsi mengemudikan sepeda
2. Handgrip / Grip
Karet yang melekat pada handlebar dipasang pada bagian ujung stang, ada beberapa macam model handgrip, lebih detail ada dibahas di sini .. http://gowesforhealth.blogspot.com/2015/06/hand-grip-fungsi-dan-kelebihannya.html
3. Headset dan stem
- Headset adalah pengunci antara setang dengan stem
- Stem berfunsi sebagai penghubung antara stang dengan badan sepeda yang terhubung melalui ujung fork dikunci oleh headset. Stem berfungsi menahan fork (suspensi) depan sepeda agar tetap terikat ke rangka sepeda dan juga mengikat stang.
4. Rem
berfungsi untuk menahan laju sepeda, ada 3 macam jenisnya, yaitu :
- V-brake Adalah Rem dengan karet yang menjepit bagian velg / pelek (Rim) saat tuas ditarik karet akan mencengkram velg / pelek (Rim) tersebut.
- Disk Brake Mechanic
Adalah Rem cakram, jadi karet sudah tidak menjepit bagian velg namun menjepit piringan cakram (rotor) kemudian masih mengunakan sistem kabel (kabel didalamnya kawat).
- Disk Brake Hydrolic
Sama seperti Disk Brake Mechanic perbedaanya hanya pada kabel rem ,diganti dengan minyak oli (kabel didalamnya minyak oli) sistem tekanan Hidrolik. Rem hidrolik sangat nyaman untuk pengereman hanya dengan ujung jari tanpa mengeluarkan banyak tenaga sudah mengerem bisa dibilang ringan dan lembut, tentu dengan perawatan yang lebih ekstra perlu dituangkan mineral oil / DOT secara berkala.
5. Rim / Velg
adalah bagian roda yang menahan ban . rim/velg ada 2 jenis velg biasa dan tubeless
6. Hub set
adalah as roda yang ada di tengah - tengah roda yang mengikat ruji. Untuk bagian depan biasa disebut Hub dan yang belakang biasa disebut Free Hub. Dibedakan QR dan TA, QR atau Quick Release sebagai standar lama. TA (ThruAxle) merupakan hub model terbaru yang kuat.
7. Spoke atau Jari -jari
berfungsi untuk mengikat antara rim dan hub, sekarang ada velg racing yang tidak lagi menggunakan spoke
8. Suspension Fork
suspensi depan yang menggunakan teknologi sistem Angin, Oli dan Per. Untuk ukuran panjang (tinggi fork) bermacam - macam mulai100mm, 120mm, 140mm, 160mm.
9. Crank (gigi depan)
adalah gigi depan yang menggabung dengan pedal . Terbagi dalam 3 bagian yaitu Single Ring , Double Ring dan Triple Ring
10. Bottom Bracket (BB)
As dari crank yang berada di tengah - tengah crank , berfungsi sebagai penyatu antara pedal kiri dengan kanan
11. Rantai sepeda
Yang satu ini bermacam - macam ada 6, 7 speed, 8, speed, 9 speed , 10 dan lainya.
12. Seatpost
sebuah besi yang menopang sadel (tiang penahan sadel). Ada yang biasa dan ada yang hidrolik dengan remot
13. Saddle
tempat duduk bagi bokong kita
14. FD (Front Deraileur) dan RD (Rear Deraileur)
- FD adalah yang memindahkan gir bagian depan
- RD adalah yang memindahkan gir bagian belakang
15. Clampset / Clamp
Adalah pengunci ketinggian seatpost
16. Wheelset (Roda satu set depan belakang)
Yang telah tersusun oleh hub, velg dan jari jari.
17. Tube / Tire adalah Ban bagian luar
18. Inner Tube adalah Ban bagian dalam
19. Tubeless (Ban sepeda tanpa ban dalam)
Kira - kira hampir sama seperti ban tubeless pada mobil. Untuk yang satu ini memerlukan Pelek (Rim) khusus untuk pemasangan ban Tubeless dan pentil tubeless. Pelek pada ban tubeless tidak memiliki celah.
20. Rotor (Piringan Cakram)
Dengan ukuran yang bermacam - macam 6, 7 dan 8 inchi.
21. Presta atau Schrader
adalah jenis pentil ban sepeda, Presta nama untuk ukuran pentil kecil dan Schrader nama pentil untuk ukuran besar (Contoh : pentil motor)
22. Brake Pad
Adalah untuk rem seri discbrake penjepit cakram
23. Thru-axle
Hampir sama seperti QR namun bentuknya slot yang disisipkan pada fork (suspensi depan). Hal ini untuk mendapatkan kehandalan dan agar roda depan tidak mudah lepas.
24. Frame adalah rangka sebuah sepeda.
Terdapat dua bagian yang wajib di ketahui
- Bagian depan terdiri Top Tube (bagian atas) dan Down Tube (bagian bawah)
- Bagian belakang. Bagian bawah pada sebuah frame sepeda biasa dipanggil Chainstay sedangkan untuk bagian atas biasa disebut Seatstay
#gowesforhealth
0 komentar:
Post a Comment